Menampilkan Partisi Disk pada File Explorer tanpa Sofware

Di windows, File Explorer menjadi tempat untuk mengelola dan menjelajah file. Disk dipecah dalam beberapa bentuk partisi dan ditampilkan melalui File Explorer.

Partisi Disk Hilang

Bagaimana jika partisi dalam harddisk tidak muncul di file explorer. Ini biasanya bisa terjadi setelah menginstal windows. Atau mungkin juga karena terkena virus. Kasus seperti ini jarang sekali terjadi. Atau bisa juga setelah kamu memasukkan disk baru, terus partisinya tidak tampil di file explorer.

Jangan khawatir data kamu akan tetap aman kok asalkan kamu tidak pernah menghapus partisi itu.

Nah untuk memunculkan kembali partisi disk yang hilang dalam file explorer kamu tidak perlu menggunakan software apapun. Coba ikuti langkah-langkahnya.

Cara Mengembalikan Partisi Disk yang Hilang tanpa sofware

Langkah pertama buka Disk Management. Caranya ketikkan kata "disk management" di pencarian windows. Setelah itu klik/pilih Create and format hard disk partition.

Sekarang kamu bisa melihat daftar disk beserta partisi dalam disk milikmu. Kira kira berapa dan mana ukuran partisi hardiskmu yang hilang atau tidak mulcul dalam daftar file explorer. Yang warnanya biru tua yang artinya itu sudah siap (terformat). Kemudian klik kanan > dan pilih Change drive letter and paths....

Tapi apabila warna hitam atau berlabel (Unallocated), artinya patisi tidak terformat. Jika merasa dulu masih ada dan tidak menghapusnya kemungkinan partisi itu hilang. Tenang kamu bisa mengembalikan partisi yang telah hilang/terformat/ terhapus. Langkah mengembalikan kamu bisa baca cara mengembalikan partisi yang hilang.

Lanjut. Setelah itu klik Add > pilih huruf drive > dan klik OK.

Nah mudah kan, sekarang partisi-nya sudah muncul di windows explorer.

Artikel Menarik Lainnya