-->√ Membuat Bootable Windows di USB Flashdisk Pakai Rufus

Membuat Bootable Windows di USB Flashdisk Pakai Rufus

Membuat bootable pada media flashdisk untuk install windows itu lebih banyak dipilih. Karena cara ini akan lebih mudah dan praktis dibandingkan menggunakan DVD. Ini juga bisa menjadi opsi pilihan untuk install windows pada laptop atau komputer yang tidak memiliki dvd rom.

Di sini akan membahas tentang cara membuat bootable windows 7, 8, 10 dan bisa juga yang lain dengan menggunakan Rufus yang terbilang sangat populer. Sebenarnya bisa juga menggunakan Windows USB/DVD Download Tool. Tapi dengan rufus bisa lebih mudah dan cepat.

Aplikasi Rufus

Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dan lainnya.

Meskipun ukurannya kecil, Rufus menyediakan semua yang Kamu butuhkan!.

Dengan menggunakan tool rufus ini, prosesnya terbilang lebih cepat dan sangat mudah dibandingkan Windows USB/DVD Download Tool dan tool-tool versi lainnya. Tentu sangat cocok untuk seorang pemula yang masih belajar.

Sebelum itu ada yang perlu Kamu perhatikan:

  • Apakah Flashdisk cukup untuk menampung file iso installer windows.
  • Pastikan tidak ada data penting yang terdapat dalam flashdisk, karena flashdisk akan di format.

Membuat Installer Windows di Flashdisk dengan Rufus

1. Pertama download dulu tool Rufus.

2. Buka tool Rufus. Bagian device pilih flashdisk yang akan dijadikan bootable.Pada boot selection klik SELECT, dan kemudian pilih file installer iso. Contoh: Di sini menggunakan file iso windows 10. Lalu klik Open.

3. Pada partition scheme akan terpilih otomatis. Ingat! Jika PC (motherboard-nya) mendukung UEFI bisa menggunakan GPT. Dan pada Target system akan memilih UEFI. Jika tidak, gunakan MBR dan Target system akan mengarah ke BIOS.

PC yang non-UEFI (dalam artian BIOS) tidak bisa booting pada partisi GPT. artinya jika PC kamu tidak support uefi, kamu harus menggunakan partisi MBR. Agar nanti flashdisk bisa di booting.

4. Jika ingin mengganti Nama label pada flashdisk sesuai keinginan, maka ubah nama pada Volume label.

5. Untuk File system akan terpilih otomatis, tapi ini bisa disesuaikan.

6. Setelah itu klik Start, lalu akan muncul peringatan bahwa semua data yang ada dalam flashdisk akan di hapus. Klik OK untuk melanjutkan.

7. Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan flashdisk sudah jadi bootable.

Mungkin hanya itu tutorial cara untuk membuat bootable windows. Mudahkan, sekarang Kamu bisa menggunakan bootable flashdisk untuk instal windows. Sekian tentang Membuat Bootable Installer Flashdisk.

Artikel Menarik Lainnya