Nama Bagian Komponen Halaman blog dan penjelasannya

Bagian-bagian blog itu harus diketahui oleh seorang blogger. Bagi yang baru mengenal dan membuat sebuah blog atau istilah masih seorang pemula mungkin ada bagian yang tidak dimengerti nama dan kegunaannya.

Beberapa bagian dari blog itu ada yang penting dan ada juga yang hanya untuk pelengkap saja. Dalam membuat sebuah bagian dari blog, banyak para blogger yang sudah mahir menyediakan tutorial mengelola blog. Seperti halnya membuat,menambah,mengedit, dan memodifikasi bagian-bagian pada halaman blog.

Mungkin dalam mencari tutorial akan kesulitan jika tidak tahu namanya. Itulah alasan utama mengapa saya tulis artikel ini, karena saya dulu sebagai blogger pemula juga mengalami hal yang sama.

Mengenal Bagian-bagian Komponen Halaman Blog

Di sini hanya akan menjelaskan beberapa saja yang mungkin namanya belum kamu diketahui.

Breadcrumb

Breadcrumb merupakan sebuah komponen yang menunjukkan (menginformasikan) dalam bagian apa halaman itu berada dan jenis apa halaman yang sedang di buka. Dalam postingan breadcrumb dapat membantu pengguna untuk mengetahui dimana lokasi artikel itu berada.

Breadcrumb diletakkan di atas bagian konten atau pada halaman index. Breadcrumb dalam mesin pencari berguna sebagai relevansi judul ketika artikel ditemukan di mesin pencari.

Readmore

Readmore fungsi utama utamanya untuk meringkas isi artikel di halaman utama atau homepage (yang berisi beberapa postingan). Setiap blog pasti menggunakan fitur ini walaupun tidak terdapat kata readmore dalam fitur tersebut.

Umumnya untuk template default blogger yang lama tidak memiliki fitur readmore, sehingga pada halaman index/homepage akan sangat panjang, karena menampilkan semua isi konten. Update! untuk template blogger yang baru sudah ada fitur readmore.

Readmore ini akan meringkas isi dari postingan, sehingga hanya berupa cuplikan dari postingan yang biasanya disebut snippet.

Back to Top

Back to Top merupakan tombol untuk scroll halaman menuju ke yang paling atas. Dan biasanya tombol ini diletakkan di bagian kanan bawah halaman. Jika isi dari artikel sangat panjang maka pengunjung bisa menggunakan tombol ini untuk kembali ke atas - mudah dan cepat dengan satu klik.

Kotak Pesan Komentar

Ini fungsinya untuk pesan bagi yang ingin menulis komentar. Letaknya di atas kotak komentar. Pada bawaan blogger tampilan nya biasa, tapi kamu bisa mengeditnya sesuai keinginan. Banyak blogger yang membuat tutorialnya.

Cara menambahkan kotak pesan dengan mudah.

  1. Masuk blogger blog kalian
  2. Masuk kebagian setelan lalu pada list pos, komentar, dan berbagi
  3. Scroll ke bawah sampai ketemu bagian Pesan Formulir Komentar, lalu Klik tambahkan
  4. Isi pesan anda

Related post

Related post adalah widget yang menampilkan artikel lain yang berkaitan dengan artikel yang dibuka. Cara kerjanya menampilkan artikel lain dengan label yang sama dengan halaman artikel yang di buka.

Letak related post umumnya di bawah konten/artikel. Yang memiliki fungsi dan tujuan untuk meningkatkan trafik pageview, dan juga sebagai informasi bagi pengunjung tentang artikel lain yang berkaitan yang mungkin menarik untuk di baca.

Template default blogger tidak disediakan widget tersebut. Sehingga harus menambahkannya sendiri dan bisa juga memodifikasi semenarik mungkin.

Header

Bagian ini terletak di bagian atas. Header digunakan untuk menempatkan judul atau gambar logo pada blog dan menempatkan deskripsi blog. Manfaatnya untuk menunjukkan nama blog dengan tujuan agar pengunjung mengenal blog tersebut.

Footer

Ini merupakan bagian yang penting, yang isinya menampilkan hak cipta, kredit dan lain-lain. Dan ini bisa juga untuk meletakkan navigasi seperti About, Contact, Privasi, dan lainnya. Footer bisa juga untuk di pasang widget.

Menu dropdown

Ini merupakan menu yang jika di kursor atau klik oleh mouse akan muncul list dari menu tersebut. Menu ini sangat memudahkan pengunjung untuk mencari label dalam kategori yang di inginkan oleh pengunjung. Menu dropdown juga banyak yang menggunakannya.

Pop-Up

Pop-Up adalah bagian atau tampilan yang menutupi halaman blog. Contoh: Ketika membuka sebuah blog tidak langsung ke halaman artikel tetapi ada tampilan seperti tampilan untuk like Facebook, tapi kita bisa juga menutup tanpa melakukan like.

Sebenarnya masih ada banyak komponen-komponen yang lain, tapi saya hanya menjelaskan bagian yang saya tidak tau di waktu saya sebagai blogger pemula. Dan semoga ini dapat menjadikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca terutama untuk seorang blogger pemula.

Artikel Menarik Lainnya