Tumbuhan ini Ampuh untuk Mengusir Nyamuk di Rumah

Nyamuk aedes aegypti dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Kemunculan nyamuk dalam jumlah banyak di suatu lingkungan biasanya terjadi setelah musim penghujan.

Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti berwarna yang bercorak belang-belang putih dan hitam pada bagian tubuhnya. Serta memiliki bentuk yang kecil.

Bagaimana Cara Anda untuk Menghilangkan Nyamuk di Rumah yang jumlahnya Banyak

Ada banyak cara untuk menanggulangi nyamuk-nyamuk yang bermunculan ini. Seperti membuat perangkap nyamuk, menggunakan alat fogging. Dan salah satu yang efektif ialah 3M (menutup, menguras, dan mengubur).

Untuk mencegah atau terhindar dari gigitan nyamuk biasanya juga orang-orang menggunakan jaring nyamuk untuk melindungi ruang tidur mereka.

Memang itu juga perlu dilakukan. Ada cara lain mengatasi nyamuk dengan cara alami (tanpa baygon). Yaitu mengusirnya dengan tanaman. Ini akan sangat efektif dan praktis untuk mengusir nyamuk di masa mendatang. Lagi pula perewatannya tidak terlalu sulit.

Ada 4 tanaman yang tidak disukai nyamuk – cocok untuk mengusir nyamuk dan mencegah DBD.

Serai Wangi

Tak hanya sebagai penyedap/pengharum makanan. Serai wangi atau biasa juga disebut sereh ini dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Itu sebabnya sereh sering digunakan sebagai bahan pembuatan lilin aromaterapi atau lotion anti-nyamuk.

Cara penerapannya, Anda dapat menanam sereh di sekitar jendela rumah. Untuk menghalangi nyamuk masuk masuk lewat jendela.

Jeruk Purut

Jeruk Purut yang dapat mengharumkan makanan ini, ternyata juga tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk pemanfaatannya Anda dapat menanamnya di halaman rumah. Itu akan mencegah halaman rumah menjadi tempat bersarangnya nyamuk.

Jika telah berbuah Anda dapat menggunakan buahnya untuk mengusir nyamuk di rumah. Letakkan perasannya di dalam kamar.

Bunga Pengusir Nyamuk – Geranium

Bunga geranium tidak disukai nyamuk karena kandungan geraniol dan sitronelol. Ini membuatnya ampuh untuk mengusir nyamuk.

Untuk mendapatkan bibitnya Anda dapat mencarinya di toko bibit bunga, atau jika tidak Anda dapat memesannya melalui situs online.

Tanam bunga geranium di dalam pot dan letakkan di ruangan rumah (tamu atau kamar). Atau menggantungnya di halaman rumah. Pemeliharaan dan perawatannya pun tidak terlalu sulit..

Selain menghindarkan keluarga dari gigitan nyamuk. Pesona warna bunga yang indah dan mencolok dapat menjadikan hiasan untuk rumah..

4. Zodia

Tanaman Zodia telah lama dimanfaatkan oleh penduduk asli papua sebagai pengusir nyamuk dan serangga yang sangat ampuh..

Daun pada tanaman Zodia dapat menghalau nyamuk lebih dari 70 persen. Selain itu bagian tubuh yang digigit nyamuk dapat lekas sembuh jika digosok dengan daun zodia..

Zodia dapat ditanam pada sela-sela bunga atau semak. Tanaman ini nantinya akan mengeluarkan aroma bila daunnya saling bergesekan..

Tak hanya sebagai pengusir nyamuk saja. Daun Zodia dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal dan bentol pada bagian tubuh yang digigit nyamuk. Dengan cukup menggosokannya ke bagian tubuh yang digigit nyamuk..

5. Lavender – Bunga Anti Nyamuk

Bunga lavender berwarna ungu yang memiliki aroma yang harum. Tentu akan disukai orang, tetapi tidak untuk nyamuk.

Kandungan zat linalool dan lynalyl asetat pada lavenderlah yang dihindari oleh nyamuk..

Anda dapat menanam bunga ini dalam pot dan meletakkannya ke dekat jendela atau pintu rumah. Untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah..

Bagaimana Apakah Anda ingin mencoba menggunakan tanaman di atas tadi dalam melawan nyamuk di rumah Anda.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar