Cara Terbaik Mematikan Windows Security Antivirus Windows 10

Setiap sistem operasi windows 10 pasti disediakan Antivirus gratis. Antivirus telah bagian dari Windows 10, yang di mana ia akan selalu update menggunakan alat windows update.

Dulunya bernama Windows Defender Security Center tetapi pada pembaruan windows 10 versi 1809 (october 2018 update) microsoft telah berubahnya menjadi lebih pendek "Windows Security".

Jika kamu memasang Antivirus lain (pihak ketiga), Windows Security akan dimatikan oleh sistem secara otomatis.

Itu tidak untuk semua antivirus pihak ketiga, untuk yang seperti malwarebyte, smadav tidak termasuk. Jadi hanya antivirus seperti BitDefender, Kaspersky, akan berpengaruh mematikan Windows Security secara otomatis.

Sebenarnya Antivirus bawaan ini sudah cukup ampuh dalam menangani program-program berbahaya.

Kinerjanya ringan, tetapi ketika kamu membuka suatu folder yang di dalamnya berisi banyak file data maupun program. Kinerja antivirus ini akan berjalan lebih berat, karena ia akan melakukan pemindaian file-file dalam folder yang kamu buka.

Itu juga akan membuat file explorer menjadi lebih lambat dalam menampilkan file-file berkas.

Mungkin ada alasan lain, yang di mana kamu ingin mematikan atau menonaktifkan antivirus bawaan windows 10.

Di sini ada tiga pilihan berbeda untuk mematikan Windows security, diantaranya:

  1. Mematikan windows security secara permanen
  2. Cara lebih mudah mematikan antivirus windows 10 permanen
  3. Mematikan antivirus windows 10 hanya sementara

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 lewat Group Policy secara Total

Group Policy tidak tersedia di windows 10 versi home, alternaltifnya gunakan cara ke-2. Jadi cara ini untuk yang menggunakan windows 10 versi pro atau enterprise. Dan sebagai cara membuat Antivirus mati secara total dan permannen.

1. Pertama Buka Group Policy dengan cara menekan Win + R dan ketikkan gpedit.msc - klik OK.

2. Di sisi kiri tuju folder berikut: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus.

3. Pada bagian kanan yaitu "Setting", klik dua kali Turn off Windows Defender Antivirus. Atur ke Enable. Supaya Antivirus nonaktif..

4. Selanjutnya kembali ke sisi kiri, di dalam folder Windows Defender Antivirus, pilih Real-time Protection.

5. Di bagian kanan klik dua kali Turn on behavior monitoring, pilih Disable > OK. Supaya tidak selalu melakukan monitoring/memantau.

6. Selanjutnya klik dua kali Monitor file and program activity on your computer. Pilih Disabled > OK, supaya tidak memantau file dan program.

7. Terakhir klik dua kali Turn on process scanning whenever real-time protection is enabled. Pilih Disable. Supaya tidak melakukan scanning/pemindaian otomatis.

7. Terakhir klik dua kali Turn on process scanning whenever real-time protection is enabled. Pilih Disable. Supaya tidak melakukan scanning/pemindaian otomatis.

Tinggal restart dan Windows security akan mulai dinonaktifkan.

Untuk mengembalikan ke semua, setting ulang yang telah atur tadi ke Not Configured.

Cara Mematikan Antivirus Windows Security dengan Registry

Jika Kamu pengguna versi Home, alternaltifnya bisa menggunakan Registry.

Cara ini bisa juga digunakan di windows 10 Profesional. Untuk mengedit registry tidak perlu repot-repot membuka dan mengaturnya.

Karena kita akan menggunakan pengaturan lewat file. Maka unduh file berikut OnOff Windows Defender permanen.

Buka file ZIP, lalu buka Disable Windows Security.reg. Muncul User Control klik Yes. Dan peringatan mengubah data registry klik Yes.

Restart supaya fungsi registry yang telah di ubah berjalan dan Windows security akan mulai nonaktif. Untuk mengaktifkan kembali gunakan file Enable Windows Security.reg.

Cara Mematikan Antivirus Windows 10 hanya untuk Sementara

Pertama buka Windows Security. Kamu bisa melakukan pencarian di startmenu atau membukanya lewat icon pada taskbar kanan.

Masuk ke menu Virus & threat protection. Pada Virus & threat protection settings, klik Manage settings.

Ubah ke dalam keadaan Off.

Sekarang proteksi Windows Security telah mati, dan ia akan menyala kembali jika Kamu menghidupkannya atau akan nyala otomatis setelah menyalakan ulangatau restart sistem.

Sekian, itulah cara-cara untuk menonaktikan antivirus Windows Security di versi OS windows 10 yang baru.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar