Cara Ampuh Sukseskan Usaha Bisnis Anda menggunakan Internet

Sejak tahun 2011 kita sudah memasuki Revolusi Industri ke-4. Yang di mana Teknologi dan Informasi dimanfaatkan sepenuhnya. Apa keuntungannya!.

Di masa sekarang teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, produktif, efisien, dan efektif. Yang nantinya dapat meningkatkan efisiensi dan menaikkan bisnis Anda secara signifikan.

Itu tidak hanya untuk bisnis berskala besar saja, tetapi termasuk juga bisnis micro, kecil dan menengah (UMKM) – bisnis rumahan, ataupun bisnis perseorangan.

Sasaran bagi kalangan pebisnis sekarang ialah bisnis yang memanfaatkan layanan internet, ya bisa disebut dengan bisnis online.

Dengan cara online, Anda dapat menginfokan bisnis dengan jangkauan yang luas.

Pemerintah sendiri mengharapkan dengan kemajuan teknologi digital dan internet dapat mendorong bisnis UMKM tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Cara Mengembangkan Usaha Bisnis agar Lancar dan Sukses

Zaman sekarang eranya informasi, banyak orang telah menggunakan teknologi sebagai media informasi. Dan membuat orang memiliki keterbukaan dan kemudahan dalam berkomunikasi.

Menuju kelancaran dan kesuksesan dalam berbisnis di zaman sekarang (era teknologi), Anda dapat dimulai dengan strategi berikut.

# Perkenalkan Bisnis Anda menggunakan Media Sosial

Mulai gunakan platform media sosial untuk mengkomunikasikan bisnis Anda dengan orang lain.

Media Sosial berpotensi mendukung keberhasilan promosi dengan mudah, cepat dan murah.

Media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan twitter dapat membuat popularitas bisnis Anda meningkat.

Bagaimana cara memulai bisnis di media sosial

Media sosial yang paling populer

Ada berbagai macam media sosial yang dapat Anda pilih.

Tapi Anda tidak perlu ambil pusing, ada Facebook yang tetap menjadi yang terbaik – dikarenakan kepopulerannya saat ini.

Jika Anda menyajikan konten berupa Foto maupun Video yang indah, Instagram pilihannya.

Mulailah mempromosikan bisnis dengan satu atau dua media saja. Alasannya karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu Waktu, Biaya, dan Tenaga.

Jika memaksa, pertimbangan itu akan menghambat Anda, dan menjadikannya kurang maksimal dalam mengatur promosi Anda. Lebih baik satu tapi maksimal, dari pada banyak tak bermutu.

Untuk mengelola bisnis di media sosial mulailah dengan:

Buat Identitas Anda

Jangan biarkan orang ragu dengan bisnis Anda. Berikan profil pribadi sesuai dengan nama bisnis yang Anda jalankan. Cantumkan info tempat dan kontak bisnis Anda.

Jangan ala kadarnya aja. Bangunlah media sosial yang unik dan sesuai dengan bisnis Anda. Unik dalam penyajian gambar profil, cover/backgound halaman, dan konten postingan.

Itu akan menarik orang-orang untuk mengunjungi dan mengikuti halaman Anda.

Targetkan Pengunjung

Untuk memulai dengan media sosial tidak hanya dengan Foto saja, berikan juga ide dan pemikiran terkait bisnis anda.

Contohnya Facebook, Supaya halaman Facebook optimal, jangan hanya dengan menyajikan tampilan yang menarik saja. Tetapi buat menu "Tentang" atau "About" lebih optimal. Dengan menuliskan sesuatu tentang Bisnis yang dijalani.

Berikan kata kunci tentang bisnis yang dijalankan, yang dimungkinkan orang akan mencari dengan kata kunci itu.

Tujuannya supaya halaman facebook dapat dengan mudah dicari, utamanaya supaya muncul di halaman pencarian Google.

Buat konten

Membuat konten postingan dengan unik dan menarik menjadi yang terpenting. Namun juga tidak sembarangan, targetkan konten sesuai dengan tujuan dalam menarik pelanggan.

Anda dapat memberikan postingan berupa berita, tips, atau bisa juga lelucon. Dan tentunya tetap dapat memberikan manfaat. Sehingga akan menarik orang untuk melakukan comment, like, dan share.

Atau testimoni, memposting review pelanggan yang menggunakan produk Anda. Ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap produk Anda.

Jaga intensitas posting, jangan sampai terlalu lama tidak memberikan kabar dengan konten postingan.

Atur jadwal posting, usahakan dalam sehari ada satu atau dua postingan. Dan pilih waktu yang tepat, supaya hasil bisa lebih optimal.

Berinteraksi dengan Komunitas Lain

Tidak hanya fokus dengan halaman sendiri. Anda juga harus terhubung dan berinteraksi dengan komunitas lainnya. Lebih-lebih komunitas yang topiknya sama dengan bisnis Anda.

Karena itu akan memberikan anda ilmu. Serta untuk mempromosikan bisnis anda.

Jangan pernah ragu dalam memberikan dukungan like dan coment untuk komunitas lain. Karena Anda berkemungkinan mendapatkan imbal balik, dari apa yang Anda perbuat.

Intinya untuk dapat meningkatkan pengunjung dan follower.

Beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Jangan menggunakan bahasa yang kaku kayak robot. Gunakanlah bahasa yang baik; sederhana, santai, formal, kompleks. Dalam artian bahasa yang anda pakai dapat diterima oleh orang lain.
  • Buat pengunjung senang dengan anda. Dengan mencerminkan karakter yang baik; lucu, menyenangkan, inspiratif, cerdas, profesional, berwibawa, ramah.
  • Buat mereka nyaman. Amati dan pelajari seperti apa karakter dan gaya bicara pelanggan Anda. Lalu sesuaikan karakter dan gaya bicara Anda dengan mereka.
  • Jaga perasaan, jangan sampai memberikan kata-kata yang menyakiti hati orang lain.
  • Menjaga hubungan baik dengan menerima kritik dan saran, – mempelajari kesalahan, lalu memperbaikinya. Manfaatnya, itu akan meningkatkan kualitas bisnis Anda.
  • Gunakan kata yang mencerminkan bisnis anda. Serta berikan kesan baik terhadap orang lain.
  • Terakhir, jangan menggunakan prinsip mengambil manfaat/keuntungan. Karena orang pun tidak suka jika hanya dimanfaatkan.

Hal terpenting yang harus menjadi prinsip Anda ialah memberikan manfaat kepada orang lain. Imbalnya orang akan suka dengan Anda Karena dengan Anda mereka selalu mendapatkan kemanfaatan.

# Buatkan Situs Web atau Blog untuk Bisnis Anda

Jika ingin bisnis Anda lebih berkembang dan profesional, maka buat situs. Kenapa? — Karena media sosial saja tidak cukup, maka dengan adanya Situs Web atau Blog akan mencerminkan keseriusan dalam bisnis anda.

Apalagi, sekarang adalah eranya teknologi, era keterbukaan dan kemudahan dalam mencari informasi dan berkomunikasi.

Banyak konsumen yang mencari apa yang mereka butuhkan melalui internet. Mencari dengan mengetik di Google atau tinggal bilang "ok google bla bla bla".

Situs Web maupun Blog bisa jugs dikatakan tempat untuk menjual dan memasarkan dagangan (toko). Yang akan selalu buka 24 jam.

Bagaimana memulai membuat Situs Web atau Blog

Yang dibutuhkan untuk membuat situs web atau blog hanyalah domain dan hosting. Domain itu nama alamat situs (contoh, bisnismu.com), sedangkan hosting itu tempat untuk menyimpan data situs, data tampilan website, postingan, gambar.

Di mana domain dan hosting itu!

Domain dan hosting disediakan oleh perusahaan. Salah satunya perusahaan Niagahoster, yang memberikan solusi untuk memulai bisnis UKM di indonesia.

Niagahoster menyediakan domain dengan harga yang murah, serta paket Hosting Terbaik yang menjadi nomor satu di Indonesia.

Jika telah memiliki domain dan hosting, selanjutnya yang harus dilakukan ialah membuat website untuk bisnis Anda.

Ada banyak tutorial untuk membuat website di internet, seperti di https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-website/. Atau Anda dapat mencari cara-caranya di pencarian Google dan mempelajarinya sendiri.

Bagaimana Mengelola Website supaya memiliki Pengunjung

Website akan menjadi lebih berarti jika memiliki pengunjung (bahasa inggrisnya visitor). Maka Anda perlu mengoptimalkan website Anda, apa yang di optimalkan.

d. Perhatikan Tampilan Situs, Buat Pengunjung Nyaman

Jangan bikin pengunjung bosan saat mengunjungi situs Anda, apalagi sampai kebingungan. Karena itu dapat membuat pengunjung pergi.

Buat tampilan dengan desain yang menarik dan sesuai dengan topik bisnis Anda. Yang terpenting ialah tata letak (layout) dan gambar.

Biar pengunjung tidak kebingungan, atur tata letak dengan rapi dan jelas. Intinya beri mereka kemudahan dan kenyamanan ketika berkunjung di situs Anda.

Contoh website responsive

Pengunjung Anda tentunya akan datang menggunakan berbagai macam perangkat. Maka pastikan situs Anda Responsive.

Dengan Responsive dapat membuat website lebih nyaman digunakan di berbagai macam perangkat. Tampilan masih terlihat jelas, tidak berantakan meski dibuka dalam perangkat mobile, tidak perlu menggeser ke kanan & kiri.

Gambar – Berikan gambar dengan kualitas yang bagus. *Kompres gambar, supaya ukurannya kecil (tetapi kualitas masih sama/bagus). Sehingga loading gambar menjadi lebih cepat, serta tidak membuat emosi pengunjung.

Jika ingin lebih tahu, Anda dapat belajar sendiri cara membuat tampilan situs yang bagus lewat Google.

d. Berikan Konten yang Bermanfaat

Tujuannya untuk mendatangkan pengunjung dan mendapatkan kepercayaan mereka, sehingga mereka tertarik dan mau membeli.

Jangan berikan konten berkualitas rendah, akibatnya orang akan menganggap produk/layanan Anda tidak berkualitas.

Bagaimana cara membuat konten?.

Orang yang mempunyai masalah dan ia mencari solusinya di internet.

Maka Anda buat konten dengan solusi mengatasi masalah seseorang.

Dan orang menemukan solusi untuk masalahnya di internet. Anda menawarkan produk.

Tantangannya Anda harus pandai menghubungkan konten dengan produk dan memancing pengunjung untuk mempercayai produk Anda. Supaya mereka tertarik dan membelinya.

Ya, kurang lebih seperti itu.

Anda bisa juga menulis konten testimoni orang yang telah menggunakan produk Anda.

d. Tentang Anda dan cara Menghubungi

Orang akan bingung dan curiga jika mereka tidak tahu siapa Anda, dan bagaimana cara menghubungi Anda.

Maka harus ada halaman Kontak, cantumkan alamat email atau nomor telephone/wa Anda atau sarana lain untuk menghubungi Anda.

Lalu halaman profil/about/tentang. Halaman about berisi informasi tentang Bisnis Anda.

Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus, seperti programing ataupun desain. Jangan menjadikan itu sebuah alasan untuk tidak melangkah ke bisnis online. Karena sebenarnya itu hanya pendukung saja.

# Gunakan Payment Gateway - Metode Pembayaran Online

Kali ini tidak untuk promosi.

Bisnis zaman now itu lebih canggih. Membayar tidak perlu pakai uang, lalu pakai apa!. Pakai cara elektronik/pembayaran online menggunakan ponsel.

Jika suatu saat bisnis online Anda telah berkembang, sudah mulai terkenal, hingga mengelola banyak transaksi. Anda bisa mulailah metode pembayaran ini. Karena ini akan memberikan kemudahan saat bertransaksi.

Contoh Payment Gateway:

  • Doku
  • Finpay
  • Ipaymu
  • Midtrans
  • Moota
  • Duitku

Tidak hanya untuk online saja loh, Anda juga dapat mengaplikasikannya di toko offline maupun warung offline juga. Lihat foto ini.

Warung Makan bisa bayar lewat ponsel

Wah... Bayar pakai Gopay. Praktis dan tidak perlu repot-repot mengurus kembalian.

Sekarang teknologi telah berkembang dan telah banyak orang yang mengunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Sebagai pebisnis, seharusnya Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Karena pesaing Anda mungkin juga telah menggunakan teknologi sebagai pendukung bisnis mereka.

Apakah Anda sudah siap untuk memulai berbisnis menggunakan teknologi.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar