Tips Cara agar Daya Baterai HP Awet dan Tidak Boros

Era sekarang telah banyak pengguna HP smartphone atau ponsel pintar. Yang digunakan sebagai alat untuk informasi dan berkomunikasi atau sebagai sarana hiburan.

Banyak kalangan mengalami masalah dengan baterai HP yang cepat habis. Sehingga sebagian dari mereka ada yang membawa power bank saat bepergian.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Baterai Smartphone boros

Sering memakai HP sampai-sampai membebani kinerja atau Overload dapat memboroskan daya baterai. Biasanya ini disebabkan karena membuka/menggunakan aplikasi berat atau aplikasi yang dipakai secara bersamaan.

Intensitas cahaya yang terang juga dapat menguras baterai.

Saat mengisi daya tidak memakai charge bawaan HP. Ini akan mempengaruhi proses pengisian ulang daya dan pengisian kurang optimal.

Memakai HP untuk nge-game berat juga dapat membuat baterai cepat habis. Lebih lagi main game yang menggunakan koneksi data, menggunakan grafis yang tinggi, dan penuh dengan gerakan animasi. Ini juga bisa membuat HP cepat panas dan habis, atau bahkan Drop.

Cara Mengatasi Baterai HP yang boros, serta Menjaganya Supaya Tetap Awet

1. Jika ada, manfaatkan fitur Hemat daya.

2. Jangan gunakan Walpaper bergerak (animasi).

3. Mematikan fitur yang tidak dipakai, seperti Wi-fi, GPS, Bluetooth, Sync. Serta fitur Auto Update.

4. Kurangi efek vibrasi atau getar, karena getar membutuhkan daya yang cukup besar.

5. Kurangi pencahayaan pada layar. Selain itu, cahaya terang pada layar tidak baik untuk penglihatan. Serta atur fitur sleep (layar redup otomatis) ke waktu yang tidak terlalu lama, 1 menit. – Cobalah juga untuk menggunakan tema tema gelap.

Cas HP dengan Tepat

Biasanya ada yang mengisi baterai ponsel dengan waktu lama (melebihi batas). Mungkin saat tidak digunakan dan saat meninggalkannya.

Seperti saat malam hari, yang ngecas lalu ditinggal tidur sampai pagi.

Ini akan memicu overheat atau menjadi terlalu panas, yang membuat baterai cepat rusak.

Meski banyak ponsel yang telah memiliki fitur auto cut off. Dan mungkin termasuk juga ponsel Kamu. Sangat disarankan untuk tidak mengisi baterai ponsel semalaman.

Sebaiknya isi baterai ponsel kamu sampai waktunya penuh, setelah penuh cabut cas.

Manfaatkan Airplane Mode

Jika saat smartphone tidak digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, gunakan Airplane Mode atau mode pesawat. Nantinya jaringan akan dimatikan.

Karena, tidak ada sinyal yang terbang ke ponsel.

Saat tidak ada jangkauan sinyal karena jarak BTS yang jauh. Ponsel akan terus mencari jaringan. Ini juga akan membuatnya cepat panas dan memboroskan baterai.

Sinyal yang tidak stabil, atau saat jaringan koneksi berubah-ubah (2G ke 3G atau sebaliknya, bisa juga 4G). dapat menyebabkan ponsel panas dan menghabiskan banyak daya.

Matikan Aplikasi Bawaan.

Mungkin yang satu ini bisa di coba karena dapat mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan.

Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, yang perlu kamu lakukan ialah pergi ke pengelolaan aplikasi. Di sana lihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan tapi tidak pernah dipakai.

Setelah itu lihat semua daftar aplikasi cari nama aplikasi yang berjalan tadi. Buka dan Kamu atur aplikasi ke mode tidak memungkinkan. Dan nantinya aplikasi tidak akan berjalan lagi.

Jika aplikasinya berkinerja agak berat, itu juga akan meningkatkan performa smartphone.

Cas Ponsel dengan Aman

Jangan menggunakan Ponsel saat mengisi daya baterai. Ini dapat mengganggu siklus arus listrik pada baterai.

Memang itu yang dilakukan banyak orang. Kemungkinan pengisian tidak optimal karena daya masuk yang seharusnya disimpan dalam baterai digunakan sebagian untuk hardware.

Ini menyebabkan daya yang masuk pada baterai tidak lagi optimal dan tidak sesuai standart. Akhirnya lama kelamaan baterai menjadi rusak, drop atau mungkin bisa melembung/menggelembung.

Tidak hanya itu yang lebih buruk lagi hardware juga akan menjadi tidak normal. Dalam artian boros baterai. Itu akan tampak, ketika setelah mengganti baterai yang di mana borosnya masih terasa walaupun telah mengganti baterainya dengan yang baru.

Baterai yang baru tidak penuh isinya, maka disarankan untuk mengisinya terlebih dahulu sampai penuh sebelum digunakan.

Jaga Suhu Baterai.

Suhu panas dapat menekan baterai dan menurunkan kapasitas baterai.

Maka hindari meletakkan Smartphone ditempat panas,seperti menmpatkannya di dasbor mobil yang terpapar sinar matahari.

Atau ponsel yang panas saat digunakan, maupun panas meski tidak sedang digunakan. Untuk mengatasinya, cobalah matikan ponsel.

Jika panas sangat, lepaskan juga baterai jika bisa.

Ponsel yang tiba-tiba panas padahal tidak digunakan bisa disebabkan oleh sistem atau aplikasi yang berjalan berat. Solusinya coba restart (matikan dan hidupkan lagi).

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi daya baterai yang boros dan cepat habis.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar