-->√ Apa itu Polaris dan Windows Core OS, Sistem Lebih Ringan dan Modern

Apa itu Polaris dan Windows Core OS, Sistem Lebih Ringan dan Modern

Proyek Microsoft "Windows Core OS", sistem operasi yang menyatukan Windows di semua perangkat, dan dekstop polaris.

Microsoft belum mengumumkan proyek-proyek ini — Windows Core OS, C-Shell, dan Polaris. proyek tersebut dapat juga diubah sebelum rilis.

Windows OneCore

Microsoft ingin membuat sebuah sistem operasi untuk semua perangkat, dari PC Windows 10, Xbox One, HoloLens, dan Windows Phone. Yang di mana operasi sistem (OS) yang dibangun dibuat dari inti/core sistem yang sama.

Windows Core OS, Sistem Operasi Untuk Semua Perangkat

Microsoft ingin semua perangkat Windows dibangun berdasarkan pada sistem operasi yang sama, dan di bangunlah Windows Core OS untuk menjadi sistem operasi itu.

Dalam postingan microsoft di Linkedin mengatakan Windows Core OS (WCOS) akan menjadi OS yang dibagikan di semua perangkat baru.

Windows Core OS adalah langkah selanjutnya dalam membuat Windows 10 sepenuhnya modular (yaitu suatu rancangan sistem yang dapat digunakan untuk model-model sistem yang lain). Windows 10, Windows 10 Mobile, dan sistem operasi Xbox akan menjalankan Windows Core OS.

Windows Core OS tidak akan menjalankan aplikasi Win32 (atau aplikasi dekstop). Ini menjalankan aplikasi Universal Windows Platform (UWP), tentunya ini bertujuan agar sistem dapat berjalan dengan ringan. Namun, karena bersifat modular dukungan untuk aplikasi dekstop dapat ditambahkan. Tetapi perangkat lunak dekstop bukan bagian dari sistem inti WCOS.

C-Shell adalah Antarmuka Modular

Composable Shell, juga dikenal sebagai C-Shell atau CShell, adalah proyek lain yang terkait dengan Windows Core OS.

Perangkat Varian Windows memiliki antarmuka sendiri dan berbeda. PC Desktop memiliki desktop, Xbox One memiliki Xbox dashboard, dan Windows phones memiliki antarmuka telepon.

C-Shell dapat digunakan untuk semua antarmuka yang berjalan di atas Windows Core OS. Shell dapat beradaptasi dengan perangkat. Dengan kata lain, Microsoft membuat antarmuka yang cerdas dan secara otomatis menyesuaikan perangkat yang digunakan.

Dengan C-Shell, setiap perangkat dapat menjalankan Windows Core OS.

Polaris adalah Antarmuka Desktop untuk C-Shell

Ini adalah tema light Windows 10, kemungkinan polaris akan mirip dengan Windows 10 yang ada.

C-Shell akan menyertakan beberapa "komposer", satu untuk setiap jenis antarmuka. Polaris adalah komposer yang akan menyediakan shell desktop. Dengan kata lain, ini adalah pengalaman desktop Windows yang dibangun di atas C-Shell dan Windows Core OS.

Nama proyek lainnya termasuk Andromeda merupakan antarmuka untuk perangkat seluler, Aruba untuk antarmuka Surface Hub, dan Oasis untuk perangkat Mixed Reality seperti HoloLens.

Menurut Windows Central, rilis awal Windows Core OS akan difokuskan pada perangkat seluler. Misalnya, Microsoft mungkin merilis "Surface Phone" yang menjalankan Windows Core OS dan C-Shell.

Seputar ringkasan, info & pertanyaan:

  • Windows Core OS merupakan basis sistem yang berbeda dengan Windows 10.
  • Lebih Ringan dan “Modern” dari Windows 10.
  • Aplikasi Desktop (win32) dibuang dan diganti UWP.
  • Aplikasi Desktop bisa diatasi dengan virtualisasi, artinya masih bisa dijalankan.
  • Performa, Keawetan Baterai, dan Security jadi Fokus Utama.
  • Bukan sebagai pengganti Windows 10.
  • Kemungkinan rilis tahun 2019.

Artikel Menarik Lainnya