Realme C1 murah (Rp 1.399.000), Apa Saja Keunggulan Terbaiknya

Awalnya muncul pada tahun 2010 sebagai "OPPO Real", sub-merek OPPO Electronics Corporation, dan sekarang menjadi pendatang baru dalam industri ponsel yang bernama Realme, didirikan pada 4 Mei 2018.

3 varian smartphone langsung ia rilis, harganya pun cukup terjangkau, diantaranya; Realme 2, Realme 2 Pro dan Realme C1.

Realme C1 diperuntukkan untuk yang mencari smartphone canggih dengan fitur lebih, tetapi dengan harga yang tidak terlalu mahal, sekitar Rp1 jutaan.

Desain menarik (look yang premium) yang membuatnya menjadi perhatian. Panel luar dibuat dari 12 lapisan material komposit nano, menjadikannya mulus dan tampak seperti cermin. Memiliki 2.5D back plate, dan kualitas yang lebih kuat dan tahan terhadap goresan.

Realme C1

Tersedia dalam dua warna Hitam Mirror & Biru Navy. Terdapat tiga slot kartu untuk tempat dua nano SIM dan MicroSD. Micro-USB port. Realme C1 dipasarkan dengan harga Rp1,4 jutaan.

Baterai dan Layar Besar

Menggunakan baterai tanam (tidak dapt dilepas) dengan kapasitas yang besar. Lebih puas dalam waktu penggunaan dengan kapasitas baterai 4230 mAH.

Dalam pengujiannya, Realme C1 bisa melakukan panggilan telepon nonstop selama 44 jam, musik selama 18 jam dengan wifi, menonton video selama 15 jam dan bermain game selama 10 jam. Serta dapat digunakan untuk browsing selama 18 jam.

Dalam hal pengisian daya, Realme C1 tidak mendukung fast charging maupun VOOC layaknya Oppo. Dalam pengujian di yotutube smartphone ini dapat terisi penuh dari 2% s/d 100% dalam waktu sekitar 4 jam 30 menit.

Adanya fitur AI Power Manager untuk menjaga konsumsi daya dari aplikasi dan mengontrol jumlah inti prosesor.

Dari segi layar terlihat permium, hadir dengan layar notch 6.2 inci rasio 19:9, rasio layar 88.8 persen, serta resolusi HD+ 1520 (720 piksel). Memiliki bezel/sudut layar tipis 2.05mm. Menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass.

Ukuran dimensi Realme C1 memiliki lebar 75.6mm, panjang 156.2mm, ketebalan 8.2mm, dan bobot 168g.

Untuk keamanan tidak menggunakan sensor fingerprint, namun menggunakan AI Facial Unlock (membuka kunci lewat wajah dengan AL). Memiliki presisi 128 titik identifikasi dalam waktu 0,3 detik.

Otak Prosesor

Performa Realme C1 menggunakan Snapdragon 450. Chipset Octa-Core 1.8 GHz dan menggunakan GPU Adreno 506. Hasil benchmark AnTuTu mendapatkan skor 56.000-an, hampir menyamai SoC Snapdragon 625 dengan 62.000-an.

Kapasitas penyimpanan yang cukup, RAM 2GB dan ROM 16GB. Internal ROM akan tersisa 8.67GB, terpakai banyak untuk sistem bawaan. Tambahan microSD yang mendukung sampai 256GB.

Adanya fitur yang dapat menganalisis aplikasi mana yang jarang dibuka lalu disarankan untuk di hapus. Jika pengguna membutuhkan ruang memori penyimpanan yang lebih luas.

Realme C1 menggunakan sistem operasi ColourOS 5.2, yang berbasis Android 8.1 Oreo. Sebuah OS digunakan oleh Smartphone Oppo.

Dual Kamera

Memiliki kamera ganda di belakang yang masing-masing 13MP dan 2MP. Yang 2 megapiksel digunakan untuk mendukung foto bokeh, dengan cahaya yang cukup. Serta didukung adanya Auto HDR, Panorama, dan Time-Lapse.

Kamera depan dengan 5MP dan AL Beauty Selfies dapat menangkap warna dengan baik untuk selfie, Tapi harus dengan pencahayaan yang cukup. Dapat mekaman video 1080p, tetapi ada fitur stabilisasi serta hasilnya tidak terlalu tajam.

Smartphone entry level dengan rasa kelas menengah (premium), Realme C1 sudah cukup bagus dari performa (Snapdragon 450 - antutu 56.000), RAM 2GB & ROm 16GB, Face Unlock, baterai awet dan harga murah (1,4 juta).

Mungkin ini kekurangannya; Kapasitas baterai yang digunakan cukup besar (4230mAh), tapi pengisian tidak terlalu cepat yang dimana membutuhkan 4.5 jam untuk pengisian dari awal sampai penuh.

Smartphone Realme dengan harga murah ini dapat menjadi saingan dari vendor Xiaomi. Bagaimana menurutmu, apakah tertarik!.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar