Perbedaan Windows 10 N, KN, Home, Pro, Enterprise dan VL

Perbedaan Windows 10 Pro dan Windows 10 Pro N? — banyak yang bertanya dengan pertanyaan itu, mungkin salah satunya ada kamu. Mana yang lebih bagus untuk dipilih dan apa maksudnya antara yang tidak ada N-nya dan yang ada N-nya.

Memang Microsoft merilis beberapa edisi Sistem Operasi seperti pada Windows 10, ini tentunya memiliki alasan. Terkadang perbedaan ini akan membingungkan saat ingin mendownload, mau pilih yang mana windows 10 pro atau yang pro n. Ini juga sama di windows versi sebelumnya.

Nah di artikel kali ini akan membahas tentang berbagai macam edisi Windows 10 dan mengetahui apa itu edisi Home, Pro, Enterprise, Education VL, N dan KN. Perbandingan setiap edisi Windows 10.

Pilih mana Windows 10 atau Windows 10 N/KN

Biar gak penasaran kita bahas dulu Apa itu Windows 10 N?.

Windows 10 N adalah windows yang dirancang khusus bagi pengguna Eropa dan Swiss agar sesuai dengan hukum Uni Eropa. N berarti Not, merupakan Windows 10 yang "tidak disertakannya fitur atau aplikasi" berikut:

  • Musik Groove
  • Movies & TV
  • Voice Recorder
  • Skype
  • Windows Media Player user experience
  • Windows Media Player ActiveX control
  • Windows Media Format
  • Windows Media DRM
  • Media sharing and Play To
  • Media Foundation
  • Windows 8.1 Portable Devices (WPD) infrastructure
  • MPEG, WMA, AAC, FLAC, ALAC, AMR, Dolby Digital audio, and Opus codecs
  • VC-1, MPEG-4, H.264, H.265, H.263, and VP9 codecs

Sedangkan edisi standartnya "Tanpa N" adalah Windows 10 yang dilengkapi dengan fitur dan aplikasi di atas.

Jadi kalau mau install windows 10 disarankan untuk pilih yang standart aja tanpa ada tambahan kode-kodean. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, karena umumnya yang sharing File Windows 10 itu adalah versi standart (tanpa N/KN).

Windows KN dirancang khusus untuk Korea, fitur dan aplikasi juga sama seperti ada kode N-nya, tidak ada fitur yang disebutkan di atas.

Lho punya saya kok gak ada windows media playernya, padahal instal Windows 10 yang edisi standart. Itu karena secara default fitur tersebut dinonaktifkan. Coba cek di "turn windows features on or off" (untuk membuka ketikkan kalimat itu ke pencarian startmenu).

Media Features: Windows media player dimatikan.

Windows 10 Home

Kebanyakan laptop yang baru dibeli itu menggunakan sistem Windows 10 Home. Ini berisi semua fitur utama Windows 10, seperti Cortana, Microsoft Edge, Continuum, aplikasi universal, dll.

Sebagian yang hilang hanya berkaitan dengan jaringan (networking). Edisi Home tidak termasuk domain join dan group policy editor. Tetapi group policy editor bisa di install/dipasang secara manual di Windows 10 Home.

Fitur lain yang tidak ada pada Windows 10 Home ialah Bitlocker, Enterprise Mode IE, Remote Desktop, dan Klien Hyper-V. Edisi ini cocok untuk digunakan di rumah.

Windows 10 Pro

Windows 10 Professional edition banyak digunakan dalam pekerjaan kantor memiliki fitur Domain Windows Server.

Windows 10 Pro memiliki semua fitur yang ada pada edisi Home dan fitur tambahan lainnya; group policy editor, Bitlocker encryption, Remote Desktop, Hyper-V, kemampuan Active Directory Azure, perlindungan data perusahaan, Pembaruan Windows untuk bisnis, dll.

Windows 10 Enterprise

Edisi Windows 10 Enterprise mencakup semua fitur Windows 10 Pro plus dan fitur tambahan seperti Direct Access, Windows To Go creator, AppLocker, BranchCache, Start Screen control with Group Policy, credential guard, device guard, dll.

Windows 10 Education

Windows 10 untuk pendidikan, tidak diragukan lagi windows 10 ini khusus ditujukan untuk pendidikan anak sekolah atau anak kuliahan. Sistem operasi untuk media pembelajaran ini dirancang untuk bisa lebih produktif dalam aktivitas belajar di ruang kelas, maupun tempat pembelajaran yang lain.

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile dirancang untuk smartphone dan tablet dan termasuk fitur konsumen dasar termasuk kemampuan Continuum.

Continuum itu merupakan fitur yang berhubungan dengan tablet mode, maksudnya windows bisa digunakan dengan nyaman ketika mouse maupun dengan sentuh.

Kabar terbaru dikatakan bahwa microsoft akan memperhentikan windows mobile ini. Dan mereka menyarankan untuk pindah ke iPhone atau Android.

Apa yang dimaksud Windows VL?

Mungkin pernah menemukan edisi Windows 10 Enterprise VL. VL adalah singkatan dari Volume Lisensi. Artinya satu lisensi dapat digunakan untuk mengaktifkan beberapa instalasi Windows 10. Ini biasanya digunakan untuk perusahaan.

Sekian pembahasan singkat tentang edisi pada Windows 10. Dari beberapa edisi di atas Windows 10 pro dan home yang paling banyak di cari.

Artikel Menarik Lainnya