Cara Mengembalikan Data Folder/File yang Hilang di Flashdisk

Data file yang telah di copy ke Flashdisk hilang. Tapi kenapa tiba-tiba data file dan folder tersebut yang ada di dalamnya jadi hilang, tidak muncul, atau data tidak terbaca. Padahal tidak melakukan apa-apa pada flashdisk tersebut, dan ketika dibuka isinya kosong tidak ada satu pun folder maupun file di dalamnya. Padahal kapasitasnya masih terpakai.

File di Flashdisk Hilang tapi Kapasitas ada

Kemungkinan itu terdapat kesalahan pada sistem flashdisk. Ciri-cirinya, pada informasi pemakaian kapasitas menunjukkan ada ruangan yang terpakai. Coba cek dengan klik kanan pada disk kemudian pilih opsi "Properties". Jika used space tidak menunjukkan nol, maka data bisa dikembalikan. Dan data dalam Flashdisk itu sebenarnya tidak terhapus.

data flashdisk hilang tapi kapasitas ada

Lalu dimana file-file data flashdisk tersimpan?.

Data file yang tersimpan disembunyikan, maka harus menampilkan. Kenapa data di dalamnya bisa hidden (tersembunyi). Mungkin ketika mencabut flashdisk tidak melakukan eject terlebih dahulu, atau kemungkinan besar karena virus.

Cara Mengembalikan Isi Flashdisk yang Hilang

Di sini ada 2 opsi cara yang dapat kamu pilih untuk mengembalikan atau menampilkan kembali semua isi data folder/file yang hilang di flashdisk yang telah hilang. Selamat mencoba, pake yang manual atau yang perintah cmd..

Pertama ada cara manual yaitu dengan menampilkan file yang hilang dengan pengaturan pada windows yaitu "hidden files and folders". Langkah pertama buka "Windows Explorer".

  • Untuk pengguna Windows 7 klik tombol "Organize" (letaknya dibawah panah kanan kiri). Kemudian pilih opsi "folder and search option".
  • Untuk Windows 10 atau 8 klik tab "view" (letaknya dibagian atas). Kemudian klik "Options" yang paling kanan.

Setelah terbuka "Folder Options" klik tab "View", kemudian .

  • Pilih opsi "Show hidden files, folders, and drivers".
  • Hingakan centang pada "Hide empty drives", "Hide folder merge conflicts", dan "Hide protected operating system files (recomended)".

Setelah itu klik OK.

Sekarang data tersembunyi sudah muncul, beserta data yang hilang. Untuk data yang hilang sebelumnya bisa saja berpindah dan berada di dalam folder. Seperti pada gambar, data yang hilang berada pada folder tanpa nama.

Folder dan File yang terhidden terlihat berbeda. Supaya tidak dalam keadaan tersembunyi, klik kanan > pilih properties dan hilangkan centang pada atribut "Hidden". Lalu klik OK.

Dan jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan seperti semula. Supaya file-file penting pada windows tetap aman.

Mengembalikan File Flashdisk yang Hilang dengan Command Prompt (CMD)

Untuk yang kedua menggunakan CMD, cara ini lebih mudah lagi. Pertama buka Command Prompt. Ccara membukanya klik start dan cari dengan kata CMD, kemudian pilih Command Prompt.

Pada Command Prompt harus masuk ke direktori flashdisk, caranya masukkan perintah dengan nama huruk disk + : dan enter. Contoh: F: ganti huruf F sesuai dengan letak flasdisk.

Setelah itu masukkan perintah ATTRIB *.* -S -H -R /S /D dan enter.

Folder dan file yang hilang sudah kembali. Itulah Cara mengatasi Data di flashdisk yang tiba-tiba hilang. Tapi jika File dalam flashdisk terhapus bisa untuk dikembalikan, dengan software recovery.

Artikel Menarik Lainnya