Cara Refresh Laptop atau PC Windows 10 dengan Mudah

Bagi pengguna windows 10 baik dengan laptop maupun PC mungkin ada beberapa kendala ketika penggunaannya. Dan ingin Windows bisa kembali fresh seperti baru. Kalian bisa menggunakan cara ini dan tidak melakukan install ulang. Sebelum membahas cara refresh Windows 10 mungkin ada yang belum tahu dengan jelas mengenai refresh pada windows. Berikut penjelasannya.

Refresh yang dimaksud disini bukan refresh pada dekstop windows yang biasanya menggunakan dengan keyboard F5 atau dengan mouse klik kanan dektop lalu refresh.

Apa Yang Di maksud Dengan Fresh Pada Windows Itu?

Fresh Windows adalah cara untuk mengembalikan system Windows dalam keadaan semula dan masih fresh, tepatnya hampir sama seperti melakukan install ulang atau Reset. Ketika Refresh aplikasi tambahan seperti microsoft office, chrome, antivirus dan lain sebagainya Termasuk juga drivernya akan dihapus.

Tapi tidak untuk data file personal, seperti file yang ada pada Documens, Downloads, Pictures, dll. Yang data dalamnya tidak terhapus. Dengan Refresh tidak menghapus aplikasi di windows strore yang telah di download dan di pasang, akan tetapi akan menginstal ulang aplikasi tersebut. Sebaiknya refresh windows di lakukan jika mengalami kendala pada system windows sekarang yang tidak bekerja dengan baik seperti sebelumnya.

Fitur ini sudah ada di windows 10 Creator Update. Jika versi sebelumnya (Anniversary Update) menggunakan tool.

Cara Refresh Windows 10

Cara fresh ini tidak menggunakan media installasi.

1. Tekan tombol key Windows + i atau bisa juga klik start dan klik icon roda bergerigi.

2. Klik Update & Security yang paling akhir.

3. Klik Recovery. Lalu bagian bilah kanan Di bawah kata "More recovery Options" Klik Learm how to start afresh with a clean installation of Windows.

4. Muncul peringatan Do yo mean to switch Applications? untuk beralih ke Windows Defender. Klik Yes.

5. Klik Get Started. Jika ada peringatan user account control, klik saja yes untuk memperbolehkan.

6. Akan muncul peringatan Fresh start klik Next.

7. Selanjutnya akan ada daftar aplikasi yang akan di hapus. Klik Next.

8. Langkah terakhir klik Start. Tunggu proses persiapan, jika selesai akan melakukan restart. Dan tunggu lagi untuk proses Refresh dan Installing windows.

Mungkin cara di atas sudah jelas dan tidak perlu gambar yang berlebihan. Dan juga belum tentu semua bisa, dan jika tidak bisa windows menyarankan menggunakan media recovery atau Instalasi windows. Hanya itu yang hanya bisa saya jelaskan. Semoga ini bisa membantu semuanya.

Artikel Menarik Lainnya

Buka Komentar