Cara Mengembalikan Partisi Disk ke dalam Keadaan Semula

Partisi pada hardisk drive terlanjur terformat, tiba tiba hilang atau telah terhapus. Kalau partisi hilang dengan sendirinya itu mungkin karena habis melakukan install ulang windows seperti yang pernah saya alami, atau hal lainnya.

Jika seperti itu partisinya sudah tidak muncul lagi. Di dalam keadaan seperti itu sangat dimungkinkan partisi disk bisa dikembalikan/restore seperti semula. Cara kerjanya hampir sama dengan mengembalikan/recovery data yang hilang atau terhapus.

Bagian hardisk yang tidak terformat akan menunjukkan "Unallocated". Bagian itulah yang di recovery, dengan menganalisa terlebih dulu lalu mengembalikan partisi dapat dilacak seperti semula. Serta bisa juga untuk dilakukan pada bagian harddisk yang sudah terformat. Tidak hanya untuk hardisk saja, recovery juga bisa digunakan pada memori SD card, dan juga drive external.

Kenapa Tidak Menggunakan Data Recovery saja

Mungkin ada yang berpikir untuk melakukan recovery, tapi itu butuh waktu yang sangat lama. Jadi akan lebih baik jika merecovery partisi saja, karena dengan recovery partisi pembacaan data pada hardisk tidak terlalu detail. Sedangkan recovery data sangatlah detail sehingga membuat proses recovery data akan beberapa kali lebih lama dari recovery partisi.

Cara Recovery Partisi Disk Seperti Semula

Nah inilah cara yang saya gunakan untuk mengembalikan data partisi yang terhapus saat install ulang. Langkah-langkahnya mudah, dan tidak ribet.

1. Pertama download softwarenya Partition recovery (17MB) Gratis sepenuhnya tanpa trial.

2. Install aplikasi seperti biasa.

3. Buka aplikasi partition recovery yang telah di install.

4. Kemudian pilih Partition Recovery.

5. Lalu pilih salah satu Disk (hardisk) yang akan di pulihkan partisinya, dan klik Next.

6. Di sini akan suruh memilih metode pencarian partisi.

  • Search Entrie Disk => Melakukan pencarian pada seluruh Disk.
  • Search Unallocated Space => Melakukan pencarian pada semua sektor yang tidak terformat (Tidak Dialokasikan).
  • Search Allocated Space => Melakukan pencarian pada semua sektor yang terformat (Dialokasikan).
  • Search Specified Sector => Melakukan pencarian pada sektor yang di pilih (Antara start dan end) memilihnya dengan klik bagian disk diatasnya atau mengatur sendiri untuk yang sudah paham.

7. Pilih "Unallocated" atau sesuai dengan kondisi partisi yang akan di cari. Contoh gambar di atas saya memilih bagian terakhir dari hardisk, untuk mengembalikan partisi yang Unallocated. Kemudian klik Next.

8. Metode terakhir pilih "Fast" untuk pencarian cepat atau "Complete" untuk pencarian secara detail tapi agak lama. Untuk partisi yang baru hilang atau terhapus bisa pilih Fast biar lebih cepat. Kemudian klik Next>. Dan tunggu proses pencarian partisi.

9. Setelah selesai, Centang bagian partisi yang akan di recovery. Untuk cek apakah partisinya benar bisa klik dua kali pada partisi yang di centang dengan melihat isi data di dalamnya. Jika sudah benar tinggal klik Proceed.

10. Tunggu sebentar dan ketika operasi telah sukses. Klik OK, dan tutup aplikasi partition recovery.

Selesai. Itulah cara memulihkan partisi yang hilang atau telah terhapus atau yang telah diformat.

Bagi yang harddisk-nya berformat Dynamic, partisi yang telah hilang tidak bisa di kembalikan. Maka harus convert partisi ke Basic terlebih dahulu untuk melakukan recovery. Sekian semoga ini dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya